RPP Bola Voli dalam Gaya Pengajaran Reciprocal ' Roisul Aula '





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP )





 










Oleh :
                                          Roisul Aula   : 168010040






UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PROGAM STUDI PJKR
2018




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah     : MTs Nurul Huda
Mata Pelajaran    : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester    : VII / I

                       Standar Kompetensi          
      1.      Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
              
                    Kompetensi Dasar               
1.1.  Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama,   
toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian
                                                                         
Alokasi Waktu      :  3 x 2 x 35 menit (3 x pertemuan )

A.  Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan passing atas bolavoli dengan benar
b.      Siswa dapat melakukan passing bawah bolavoli dengan benar
c.       Siswa dapat bermain bolavoly dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk
       nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman
v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B.      Materi Pembelajaran
Permainan Bolavoli
·         Passing bawah bolavoli
·         Bermain bolavoli menggunakan peraturan yang dimodifikasi

C.        Metode Pembelajaran
-          Pertemuan 1 = penugasan
-          Pertemuan 2 = penugasan
-          Pertemuan 3 = resiprokal/timbal-balik

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 x 35 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Teknik dasar (passing bawah ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :  
§  Melakukan passing bawah dengan diawali dengan bola dipantul teman di tempat dan setelah mantul lantai bola didorong dengan dua lengan (perorangan)
§  Melakukan passing bawah diawali bola dilambung teman di tempat dilanjutan sambil berjalan ke depan dan gerak menyamping kanan dan ke kiri (perorangan) (perorangan)
§  Melakukan passing  bawah secara langsung berpasangan, berkelompok, membentuk formasi lingkaran, berbanjar atau segi tiga
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­   guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­   siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­   siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­   siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
F Bermain bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing atas dan bawah
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

     3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.  Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Bola
-          Buku teks
-          Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, 
-          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan


      F.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
     Aspek  Psikomotor
  · Melakukan passing bawah bolavoli
  · Bermain dengan peraturan yang   
    dimodifikasi

   Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk passing   
    bawah pada permainan bola voli
   
Aspek Afektif
·  Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis





Tes
observasi

Tes  Contoh Kinerja

Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar observasi


·   Lakukan teknik dasar passing passing bawah bolavoli !

·   Posisi kedua lengan saat passing bawah, adalah ....
a.       diluruskan dan rapat

·   Melakukan kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian

      - Tes unjuk kerja (psikomotor): 
   Lakukan teknik dasar passing ( dada, pantul dan dari atas kepala)
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                        Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                        Jumlah skor maksimal
 - Pengamatan sikap (afeksi): 
            Mainkan permainan bolavoli dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
                       
-  Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan bolavoli

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal

-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =


Text Box  = Nilai Tes Unjuk kerja + Nilai
Observasi + Nilai Kuis
 
 






2.         Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLAVOLI
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
    Melakukan Teknik Dasar Passin Bawah
1.  Posisi kedua lutut saat akan melakukan passing bawah direndahkan
2.  Bentuk gerakan lengan saat melakukan passing bawah mendorong bola ke depan atas
3.  Posisi badan yang benar saat akan melakukan passin bawah dalam permainan bolavoli
4.  Bentuk arah bola hasil passing bawah dalam permainan bolavoli berbentuk parabola




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16


RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLAVOLI
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman satu tim

2.  Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)

3.  Mentaati peraturan

4.  Menghormati wasit(sportif)

5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5


RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLA VOLI
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4

1.  Bagaimana posisi kedua lengan saat kamu passing bawah dalam permainan bolavoli ?

2.  Bagaimana posisi kedua telapak tangan saat kamu passing bawah dalam permainan bolavoli ?




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8





                                                                                                    Kalimaro, 17 Maret 2018
                                 Kepala Sekolah                                             Guru penjas orkes



                                ( Samsudin S.Ag )                                         (Suci Nanda Sari S.Or)


Text Box: Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis     
                             

                                                  

Komentar